Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trekking Sentul Curug Leuwi Asih Bogor

leuwi-asih-bogor

Curug Leuwi Asih– Sentul mempunyai banyak curug ataupun air terjun sehingga dijuluki wilayah seribu curug. Melancong ke curug jadi suatu yang mengasyikkan sebab airnya yang jernih serta fresh sanggup melegakan jiwa serta raga. Salah satu curug yang lagi ngehits merupakan Curug Leuwi Asih.

Curug Leuwi Asih merupakan objek wisata air terjun natural di kawasan Sentul, Bogor. Air terjun ini populer dengan sungainya yang lebar serta mempunyai kolam natural ramah anak.

Tidak hanya itu kawasannya pula terkenal selaku destinasi trekking Sentul yang menantang. Untuk yang menggemari kegiatan trekking, wisata ke curug ini dapat jadi opsi.

Curug ini sesuai buat jadi wisata keluarga dengan bawa kanak- kanak sebab trekking mengarah posisi tidak sangat jauh. Telah penasaran semacam apa Curug Leuwi Asih? Ayo ikuti ulasannya berikut ini.


Lokasi Mengarah Curug Leuwi Asih

Lokasinya sangat gampang ditemui sebab terletak dekat 6 kilometer di balik kawasan wisata Jungle Land Sentul yang populer.

Objek wisata ini tepatnya terletak di Kampung Wangun Landeuh Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Leuwi Asih Babakan Madang ini dapat dikunjungi lewat Sentul City yang pastinya melewati Jungle Land, namun dapat pula lewat dalam ataupun jalur Gunung Pancar.

Dianjurkan buat naik kendaraan roda 2 saja ke tempat ini semacam sepeda ataupun sepeda motor sebab akses jalannya kecil. Terlebih kala tiba dikala masa liburan, curug ini tentu lebih ramai sehingga jalannya pula terus menjadi ramai.

curug leuwi asih beserta alamnya yang indah

Akses mobil serta kendaraan roda 4 yang lain lumayan susah. Arahkan kendaraan mengarah Babakan Madang Sentul dengan jalanan yang menanjak terus sampai hingga di destinasi wisata ini. Nikmati saja perjalanannya sebab panorama alam di kanan serta kiri jalur sangat indah.


Rute Trekking Menantang Curug Leuwi Asih

Ada 2 pintu masuk mengarah Curug. Gerbang masuk yang biasa cuma memerlukan jalur kaki sepanjang 5 menit. Ini sesuai buat wisatawan yang bawa bayi serta anak kecil.

Berikutnya jalur memutar melewati perbukitan. Inilah jalan yang terkenal selaku jalan trekking. Wisatawan hendak diajak naik- turun bukit serta hutan bambu. Medan jalur yang masih tanah lumayan beresiko bila tidak memakai alas kaki yang pas.

Simak Juga : Panduan Lengkap Trekking Sentul Bogor Trekking Terbaik di Indonesia

Keluar bukit, panorama hamparan sawah yang memesona hendak langsung menyongsong. Turis hendak diajak melintasinya lewat jalan pematang. Panorama alam di sekitar cuma perbukitan yang hijau serta asri.

Tidak lama dari mari, turis hendak turun mengarah sungai. Eits, walaupun mempunyai air terjun tetapi ini bukan posisi Curug Leuwi Asih. Di mari wisatawan dapat istirahat di warung ataupun mendinginkan kaki di sungai. Airnya jernih serta menyegarkan buat jadi arena berenang, lho.

Sehabis melewati sungai, masih terdapat zona sawah yang wajib dilewati. Jalan trekking setelah itu bawa turis kembali menanjak bukit. Di bukit ini ada kandang kambing serta kerbau kepunyaan masyarakat setempat selaku check- point.

Dari kandang kerbau, terdapat jalan yang terapit semak- semak yang wajib dilewati. Jalurnya pendek serta berakhir di suatu lapangan kecil. Terdapat gardu pandang simpel yang dapat jadi spot selfie.

Zona ini jadi medan terakhir saat sebelum kesimpulannya datang di posisi curug. Jangan kaget bila turis wajib sedikit menyusuri sungai terlebih dulu. Curug Leuwi Asih memanglah terletak di ujung sungai ini.

Energi Tarik Curug Leuwi Asih

Terdapat 2 Curug Leuwi Asih di wilayah sentul, ialah di Sentul dasar dekat zona perumahan elite Permata Sentul serta di Babakan Madang.

Curug Leuwi Asih lumayan dekat dari jalur raya, ialah dekat 400 m saja. Buat hingga di zona curug, kita wajib melewati gang- gang perumahan penduduk sebab curug ini terletak di ujung kampung.

Motor serta kendaraan roda 2 yang lain dapat parkir di dekat curug, namun parkiran mobil agak jauh dari posisi curug. Ada warung- warung santapan serta saung- saung yang dapat disewa.

Harga santapan yang dijual pula masuk ide serta terkategori murah sebab tidak terdapat faktor tembak harga. Bila melancong ke curug ini, tidak butuh repot bawa bekal santapan serta minuman.

Ada sungai yang airnya jernih mengalir, namun tidak dalam sehingga sesuai buat bermain air. Dari tempat parkir hendak ada jalur kampung yang telah disemen.

Dekat 10 menit berjalan, Kamu hendak datang di pintu masuk. Tidak hanya itu, ada zona perkemahan bila mau berkemah. Leuwi Asih mempunyai air yang lumayan dalam sehingga sesuai untuk orang- orang yang dapat berenang.

Jalan kiri mengarah sungai buat semata- mata bermain air ataupun cuci kaki serta tangan. Bila suka tantangan, Kamu dapat mengarah curug dari sungai tersebut. Tetapi, Kamu wajib berjaga- jaga sebab bebatuannya licin serta sungainya terus menjadi ke arah curug hendak terus menjadi dalam.

Sebaliknya ke kanan mengarah curug dengan aliran air yang deras. Bila mau merasakan segarnya air yang langsung turun dari atas memanglah lebih baik langsung mengarah air terjun. Dipastikan langsung fresh, terlebih sehabis berjalan kaki yang pastinya menghabiskan tenaga.

Kawasan ini sangat sejuk sebab terletak di kaki bukit yang bernama Bukit Handeleum. Keelokan terus menjadi meningkat sebab terdapat terasering persawahan yang dihiasi dengan gubuk- gubuk petani yang malah dijadikan tempat difoto serta berkumpul kawula muda.


Sarana Curug Yang Disediakan

Sarana pendukung di Curug Leuwi Asih lebih dari lengkap. Terdapat fasilitas universal semacam zona parkir, wc serta kamar mandi bilas, musala, dan warung makan. Sebagian warung pula dilengkapi pendopo ataupun gazebo buat istirahat. Di dekat curug pula ada bungalow serta villa buat menginap.

Jam Buka Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih buka tiap hari. Wisatawan dapat tiba semenjak pagi hari sampai sore hari. Penginapan dekat curug dibuka buat reservasi tiap hari sepanjang 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk curug ini merupakan 15 ribu rupiah per orang buat berusia, sebaliknya harga tiket masuk buat kanak- kanak merupakan 5 ribu per orang.

Buat bayaran parkir sebesar Rp 10. 000 per mobil serta Rp 5. 000 buat motor ataupun sepeda( kendaraan roda 2).

Inilah rujukan destinasi wisata yang unik serta asyik buat didatangi. Curug Leuwi Asih Bogor, Curug Baru di Bogor yang Ngehits ini pastinya sangat sayang buat dilewatkan.

Tempat wisata ini tidak sangat ramai sehingga sesuai buat jadi tujuan weekend getaway pada masa pandemi dikala ini. Terapkan protokol kesehatan dengan melindungi kebersihan. 

Trekking Sentul
Trekking Sentul Bersama Campa Tour (Biro Perjalanan dan Wisata), kemudahan dan kenyamanan Anda liburan menjadi yang paling utama. Perjalanan wisata keluarga, sekolah, perusahaan, atau travel bersama pasangan dan rombongan akan lebih berkesan. Didukung dengan akomodasi transportasi lengkap dan tim yang berpengalaman selama lebih dari 10 tahun, kami siap mengantarkan Anda ke berbagai destinasi menarik di 10 kota wisata favorit Indonesia. Layanan: Paket Wisata Jogja Trekking Sentul